free tracking Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar
0813 8888 9492 / 0877 8055 9892 blantika.wisnutamapt@gmail.com

Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar – Panel lantai merupakan salah satu bahan bangunan yang saat ini banyak dipilih sebagai alternatif untuk membuat atap gedung, rumah, atau ruko. Hal ini dikarenakan, bahan bangunan tersebut memiliki banyak keuntungan dibandingkan melakukan cor. Namun, banyak juga yang belum tahu bagaimana cara pasang panel lantai yang benar. Maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang panel lantai untuk Anda ketahui. Mari kita simak.

Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar

Mari kita simak tentang Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar!

  1. Cara Pertama

Cara pasang panel lantai yang pertama yaitu melakukan pengukuran pada bidang yang akan dipasang panel tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya pemasangan dapat berjalan dengan lancar dan dengan posisi yang pas. Tidak hanya itu, cara tersebut juga berfungsi untuk mengecek kembali as ke as dari struktur balok dengan actual lapangan serta shop drawing-nya agar tidak terjadi kekeliruan. Maka dari itu sebelum memasang panel, lakukan pengukuran terlebih dahulu agar nantinya panel tersebut bisa terpasang sesuai dengan keinginan.

Setelah pengukuran selesai, buat garis bantu pada permukaan balok yang rencananya akan dipasang panel lantai. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan antara lebar tumpuan minimum panel dengan struktur balok tersebut. Tidak hanya itu, adanya garis bantu juga nantinya akan membantu pekerja dalam menjaga kelurusan saat meletakkan panel lantai pada bidang yang diinginkan.

Berikut ini cara ke 2 tetang Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar

  1. Cara Kedua

Setelah mengukur dan membuat garis bantu pada panel lantai yang akan dipasang, cara pasang panel lantai selanjutnya adalah mengangkat panel. Nah, untuk melakukan hal ini Anda memerlukan alat bantu agar aman. Hal ini dikarenakan panel lantai umumnya memiliki berat yang lumayan. Selain itu cara ini juga bisa mengurangi resiko kecelakaan bekerja yang mungkin saja terjadi.

Alat yang bisa Anda gunakan antara lain adalah hoist atau takel. Alat ini merupakan alat angkat sederhana yang nantinya akan dikaitkan dengan tali secara manual. Untuk menggunakannya diperlukan sekiranya dua orang agar lebih mudah. Namun, sebelum itu buatlah pijakan dari balok kayu yang dipasang melintang. Hal ini dilakukan agar memudahkan pekerja saat menurunkan panel lantai pada posisi yang diinginkan.

Ini adalah cara ke 3 tentang Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar, lihat yuk..

  1. Cara Ketiga

Pada cara ketiga ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah menandai setiap sisi panel pertama dengan pensil. Hal ini dimaksudkan agar posisi panel lantai yang pertama tidak bergeser dari garis yang telah dibuat pada panel selanjutnya yang akan dipasang. Tidak hanya itu dengan menandai setiap panel, nantinya pekerja akan lebih mudah dalam menentukan posisi pemasangan

Setelah menandai setiap sisi panel yang akan dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang panel-panel tersebut secara rapat. Dalam memasangnya tidak boleh sembarangan yaitu harus mengikuti garis yang sudah Anda buat sebelumnya.

Dan cara yang 4 dan 5 tentang Bagaimana Cara Pasang Panel Lantai Yang Benar adalah :

  1. Cara Keempat

Setelah semua panel menutupi area yang diinginkan, cara selanjutnya adalah mengisi celah sambungan menggunakan thinbed atau semen perekat. Lakukan dengan teliti agar semua bagian celah bisa terisi thinbed dengan sempurna. Penggunaan semen perekat ini dimaksudkan agar nantinya tidak terjadi resapan air ketika terguyur hujan. Dengan begitu semua panel lantai yang dipasang dapat berfungsi dengan maksimal.

Setelah pemberian thinbed selesai, langkah berikutnya adalah memasang angkur dengan cara di bor. Kemudian lakukan grouting yang nantinya akan dipasang bersamaan dengan pengecoran setiap jarak 60 cm. Setelah pengecoran selesai, pasang besi share connector di setiap titik temu antar panel dan kaitkan dengan angkur 12 mm.

  1. Cara Kelima

Cara pasang panel lantai yang selanjutnya adalah dengan memasang bekisting 12.5 cm mengelilingi bagian tepi batas dari struktur balok. Setelah itu bersihkan semua celah panel yang sudah dipasang dari kotoran yang biasanya menempel.

Jika sudah bersih, maka lakukan pengecoran dengan menggunakan PM-600 atau yang lain pada setiap titik temu panel beserta seluruh bagian tepinya. Jika semua cara pasang panel lantai tersebut sudah dilakukan, maka Anda tinggal menikmati hasilnya. Selamat mencoba! Kontak kami sekarang juga, kami berikan harga yang menarik untuk anda.